Rabu, 13 Juni 2012


Kebudayaan Di Jepang

Kabuki, teater klasik di Jepang. ciri khas teater ini adalah irama pemainnya yang khas banget, kostum yang mewah dan dandanannya mencolok banget (dalam bahasa Jepang disebutnya kumadori). yang unik dari teater ini adalah, semua pemainnya perempuan walaupun peranan di lakonnya laki”.

Noh, teater musikal tertua yang ada di Jepang.  pertunjukkannya gak cuma dialog  tapi ada nyanyian (utai),  iringan musik  (hayashi),  juga tarian.  ciri khas  teater musikal ini  ialah  pemeran  utamanya  pakai kostum sutera dengan sulam warna warni, plus topeng kayu dilapisi lacquer. topeng ini penggambarannya biasanya orang yang udah tua, perempuan muda atau anak laki”.

Kyogen, teater klasik lelucon yang dipertunjukkan dengan aksi dan dialog yang amat bergaya. Ditampilkan di sela-sela pagelaran noh, meski sekarang terkadang ditampilkan tunggal.

Bunraku, yang populer akhir abad ke-16. merupakan jenis teater boneka yang dimainkan dengan iringan nyanyian bercerita dan musik yang dimainkan dengan shamisen (alat musik petik berdawai tiga). Bunraku dikenal sebagai salah satu bentuk teater boneka yang paling halus di dunia.

Sado, atau upacara membuat dan minum teh yang sangat terkenal. konon orang Jepang mempelajari seni upacara membuat teh ini selama 20 tahun karena cara membuatnya yang dianggap sangat sakral oleh penduduk Jepang. diperlukan kesabaran yang tinggi dan keahlian khusus karena proses pembuatan satu cangkir teh saja memakan waktu 3 jam.

Ikebana, seni merangkai bunga di Jepang yang sangat terkenal namun seiring perkembangan zaman seni merangkai bunga ini sudah meluas ke seluruh dunia. kabarnya seni ini memiliki aliran yang beranekaragam jenisnya, bunga yang tadinya tampak biasa menjadi luar biasa cantik jika sudah disentuh teknik Ikebana.

Kimono dan Yukata, pakaian tradisional orang Jepang. kalau kita lagi berkunjung ke Jepang kita bisa bedain deh mana yang beneran kimono asli dan mana yang cuma sekedar kimono”an. kalau ada perempuan yang pake kimono teksturnya indah dan bahannya rumit, plus bahannya keliatan berat dan ribet gak diragukan lagi deh status sosialnya karena kimono jenis ini hanya orang tertentu aja yang bisa punya mengingat harganya bisa sampe puluhan juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar