LAPORAN OBSERVASI
JARINGAN KOMPUTER
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Perkembangan jaman sekarang ini Teknologi
Informasi sudah menjadi suatu kebutuhan tersendiri bagi masyarakat Dunia.
Dimana semua orang sudah mulai memiliki ketergantungan terhadap alat-alat
teknologi Informasi, terutama Komputer. Komputer sebagai salah satu alat
Teknologi Informasi kini sudah banyak sekali penggunaanya, dengan berbagai
pengembangan akhirnya pada tahun 1969 berhasil dibuat suatu jaringan komputer
dimana komputer-komputer dapat saling berhubungan dan pertama kali jaringan
komputer tersebut disebut dengan ARPANET. Seiring semakin berkembangnya
ARPANET, maka pada tahun 1972 mulailah jaringan komputer yang kini kita sebut
sebagai Internet mulai diperkenalkan. Dengan berbagai perkembangan yang
dilakukan para ahli terhadap konsep jaringankomputer, maka sampai saat ini
jaringan komputer sudah dapat terhubung dari satu belahan dunia ke belahan
dunia lainnya dengan jarak yang berjauhan.
Tujuan utama dari sebuah jaringan komputer
adalah sharing resource (sumber daya), dimana sebuah komputer dapat
memanfaatkan sumber daya yang dimiliki komputer lain yang berada dalam jaringan
yang sama. Dengan banyaknya manfaat yang dirasakan oleh para pengguna internet,
maka internet kini sudah banyak pemanfaatnya, misalnya di Bidang pendidikan,
Ekonomi, Pemerintahan, dan yang lainnya. Dalam bidang pendidikan, Internet dan
atau jaringan komputer telah banyak di manfaatkan untuk E-Learning, E-Library
yang sangat memudahkan para pelajar untukmendapatkan Informasi-informasi yang
mereka butuhkan.
Mereka dapat berbagi pengalaman mereka, lagu-lagu, dan yang
lainnya melalui media Internet. Pembelajaran lewat internet yang telah banyak
diterapkan disekolah-sekolah juga sangat banyak sekali manfaatnya, dengan
adanya Jaringan komputer yang diterapkan di sekolah-sekolah itu akan memudahkan
proses pembelajaran, ditambah dengan kemajuan teknologi Wireless yang,sehingga
para siswa sekolah dapat ber-internet dengan mudah di lingkungan sekolah, yang
tentunya ditujukan untuk bidang pendidikan pula. Untuk mengetahui penggunaan
jaringan yang di pakai di dunia pendidika
PEMBAHASAN
Jaringan Komputer
Dalam observasi ini saya membahas tentang
lembaga organisasi sistem informasi yang di dalamnya menyangkut tentang
jaringan komputer membahas tentang definisi-definisi
dari Hardware, Software, dan Brainware terlebih dahulu.
1.
Hardware
Hardware disini adalah salah satu komponen dari sebuah
komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan dipegang secara langsung atau yang berbentuk
nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Secara fisik, Komputer terdiri dari
beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen
yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen
tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada
komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen
perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, hardware dalam komputer dibagi menjadi 3, yakni :
o Input
Input terdiri dari keyboard dan mouse. Input ini berfungsi sebagai media
untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit
masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan
mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan
komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain
games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar
sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan
menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file.
Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input
dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam
sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan
untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk
memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan
sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
· Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses
oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen,
digitizer graphics tablet, scanner.
· Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum
suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket,
harddisk. Peralatan input ini terdiri dari beberapa macam bagian, yaitu :
Ø Keyboard ,Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Jumlah tombol
pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Ø Mouse , Fungsi alat ini
adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat
sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini
dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau
pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua
tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse
dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini
terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click)
dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk,
tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag)
yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag
ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
· Process
Process adalah
microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section).
Dan ini adalah alat yang berfungsi untuk mengolah data dari alat input diproses
supaya tersajikan melalui alat output, dan alat ini terletak di CPU.
o Output
Output adalah
alat yang berfungsi untuk menampilkan data yang sudah diolah dari proses.
Output terdiri dari, Monitor, Printer, dan Speaker.
Ø Monitor,Monitor komputer adalah
salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal
elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar
yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor
memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Jenis-jenis
monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan
layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
Ø Printer,
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer
yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar
dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu
jenis Printer Dot Metrix,
Printer Ink Jet, dan Printer Laser Jet.
Ø Speaker , Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal
elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang
berbentuk selaput.
2.
Software
Software merupakan suatu
program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat
keras komputer. Software adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk
melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai
pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa
manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami
keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan
selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Software komputer berfungsi untuk :
· Mengidentifikasi program
· Menyiapkan aplikasi program sehingga
tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
· Mengatur dan membuat pekerjaan lebih
efisien.
Adapun macam-macam software, yakni:
v Sistem Operasi
Sistem Operasi
yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar
sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori,
penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai
penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang
akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah:
Ø Menyimpan
program dan aksesnya
Ø Membagi
tugas di dalam CPU
Ø Mengalokasikan
tugas-tugas penting
Ø Merekam
sumber-sumber data
Ø Mengatur
memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
Ø Memeriksa
kesalahan sistem
Ø Multitugas
pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP
Ø Memelihara
keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password)
dan penggunaan ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System
(DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.Di dalam lembaga Al-Yasini, mereka
menggunakan sistem jaringan Wifi dan Jibas. Yang dimaksud Jibas yaitu jaringan
informasi bersama. Jibas ini digunakan secara Online dalam bentuk file. Semua
data di sekolah ini sudah masuk kedalam Jibas. Dalam lembaga ini, Jibas baru
digunakan pada tahun 2012. Yayasan Al-Yasini merupakan pusat tempat servernya.
v Program Aplikasi
Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang
dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah
kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan
lain-lain. Program Aplikasi yang digunakan didalam lembaga Al-Yasini yaitu
berupa Linux dan Windows. Linux disini mempunyai kode sumber terbuka atau
bersifat umum dan juga diperbolehkan untuk merubah kodenya. Dari lingkungan
masyarakat disekitar Al-Yasini banyak yang menggunakan Linux, Dikarenakan
gratis atau tidak dipungut biaya. Tetapi Linux lebih sulit pemakaiannya dari
pada windows, Itulah kekurangan Linux.
Adapun kelebihan dan kekurangan Linux yaitu, pada
kelebihannya Linux sangat kebal terhadab virus, jadi 99% tidak mungkin terkena
virus. Dan jika digunakan untuk mendownload atau yang lain Linux itu gratis
atau tanpa dipungut biaya. Dan salah satu dari kekurangan Linux yaitu lebih
sulit memakainya dari pada Window yang slama ini kita pelajari.
Demikian dengan Windows, Windows juga memiliki kelebihan
dan kekurangan sama halnya dengan Linux. Kelebihan Windows salah satunya yaitu
lebih mudah pemakaiannya. Sedangkan untuk kekurangan Windows yaitu sering mudah
terkena virus dan tidak kebal terhadap virus (banyak virus), dan juga harga
Windows relatif mahal.
3.
Brainware
Brainware adalah manusia
yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer.
Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan
mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software. Brainware termasuk
bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa
adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa
adanya Brainware.
Jadi 3 komponen ini
saling terkait dan saling membutuhkan. Konsep Hardware – Software – Brainware
adalah merupakan konsep Tri Tunggal
yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia
hasrus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah program
tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu
manusia di dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya. Contoh dari
Brainware adalah Programmer, Netter (sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing
di Internet), dan orang-orang yang sedang menggunakan komputer.
Adapun komponen-komponen dari Brainware yakni:
o Sistem Operasi
Operator yakni
orang yang bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang
berhubungan dengan komputer, dan orang yang membuat sebuah aplikasi dengan
bantuan tool programming yang tersedia di dalam komputer. Dalam
lembaga yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan jaringan komputer adalah
semua warga sekolah yaitu para siswa-siswi dan para guru.
o Administrator
Administrator adalah seseorang yang
bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada
sebuah sistem komputer atau jaringan komputer. Adapun untuk
administrator dalam lembaga.
PENUTUP
1. Kesimpulan
Dari laporan yang kami susun,
kita dapat menyimpulkan bahwa antara Hardware, Software, dan Brainware adalah
satu kesatuan. Yang artinya
bahwa Hardware, Software, dan Brainware merupakan elemen atau pondasi penting
untuk membangun sebuah komputer yang memiliki fungsionalitas dan berguna bagi
manusia.
Adapun kekurangan dan kelebihan Linux dan Window disini
adalah mempunyai kelebihan dan kekurangan yang sama:
-
Kelebihan Linux
Kebal terhadap virus, dan tanpa dipungut biaya.
-
Kekurangan Linux
Sulit pemakaiannya
-
Kelebihan Windows
Mudah penggunaannya, dan harganya murah
-
Kekurangan Windows
Banyak virus
2. Saran
Dalam laporan observasi ini yang masih
perlu di diskusikan dan masih banyak kekurangannya dalam isi dan lain
sebagainya. Disini kami mengharap saran kepada pembaca untuk membantu
kesempurnaan makalah yang sudah kami susun ini. Karena kami juga masih membutuhkan
referensi-referensi lain untuk menyempurnakan makalah kami.
Kebenaran menurut kita
belum tentu benar bagi orang lain, Kebenaran orang lain belum tentu sama benar
dengan kita, dan kebenaran menurut kita semua belum tentu benar bagi Tuhan Yang
Maha Esa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar